Jenis Jenis Permainan Olahraga untuk Anak SD
Olahraga merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh jasmani. Selain menyehatkan tubuh olahraga juga bisa melatih kebersamaan, membuat para pemainnya lebih bahagia atau senang dan mampu memupuk kekompakan dalam sebuah team. Ada berbagai jeis olahraga salah satunya adalah permainan olahraga . Khususnya untuk anak sekolah dasar pastinya membutuhkan daya kreatif yang tinggi agar mampu menciptakan sebuah permainan yang menyenangkan. Anak – anak umumnya menyukai permainan yang tidak berat namun bisa melatih kekompakan, kelincahan dan daya kreatif mereka. Berikut kami paparkan berbagai macam jenis permainan olahraga untuk anak SD.
Permainan Tanpa Alat:
Kali ini permainan dilakukan tanpa menggunakan sebuah alat. Salah satu syaratnya hanya dibutuhkan sebuah team agar mampu menciptakan suasana yang menyenangkan.
1. Permainan Ganjil Genap
Langkah yang dilakukan dalam permainan ini :
Menyuruh siswa siswi untuk berbaris kemudian membagi menjadi 2 barisan. Setelah itu menyuruh seluruh barisan yang pertama agar membentuk sebuah lingkaran . Lalu untuk barisan yang kedua membentuk barisan berikutnya mengikuti barisan yang pertama.
Guru nantinya menjelaskan apabila Pembina menyebutkan angka ganjil nanti siswa harus melompat 2 kali kea rah depan. Namun jika angka yang di sebut genap ,maka siswa tidak boleh bergerak ( diam )
Pembina menyuruh barisan pertama untuk berhadapan ke belakang, sedangkan untuk barisan yang kedua harus tetap berhadap – hadapan. Hal ini untuk menghindari terjadinya bentrok antar siswa.
Apabila nanti barisan yang kedua merapat, Pembina akan menyuruh untuk berganti posisi . Barisan yang pertama harus saling berhadapan, sedangkan untuk baris yang kedua harus hadap ke belakang.
Apabila Pembina nantinya telah menyebut angka ganjil dan genap, namun ada siswa yang tida berkonsentrasi maka siswa nanti harus maju ke tengah lingkaran.
Setelah permainan dinyatakan selesei , siswa yng melakukan kesalahan dalam permainan akan dikenai hukuman oleh Pembina.
2. Permainan dalam mencari kelompok
Langkah yang dilakukan dalam permainan :
Pembina akan menyuruh siswa berlari untuk mengelilingi lapangan
Nantinya Pembina akan menyebutkan angka 1-10, apabila Pembina menyebut angka 6 maka siswa harus mencari kelompok sebanyak 6 siswa.
Bagi kelompok yang salah ( kurang / lebih ) kelompok tersebut akan mendapat hukuman dari Pembina.
3. Permainan Kucing dan Anjing
Langkah untuk melakukan permainan ini adalah :
Pembina menyuruh siswa untuk berbaris menjadi 3 barisan . Kemudian baris yang pertama membentuk sebuah lingkaran. Untuk barisan yang ke 2 dan 3 harus mengikuti dan berdiri di belakang barisan yang pertama dan membentuk lingkaran juga.
Nantinya Anjung akan mengejar kucing
Apabila kucing nanti capek untuk berlari , maka siswa yang menjadi kucing akan berhenti apda barisan lain. SAnjing nantinya akan mengejar siswa yang berada di barisan paling belakang dimana kucing tersebut berhenti.
Apabila kucing tersebut berhasil di tangkap maka orang semula jadi kucing harus berganti posisi menjadi anjing dan mengejar mangsa yang selanjutnya.
Kemudian melakukan pergantian posisi, sang kucing tidak lagi berhenti di depan barisan namun harus berhenti di belakang barisan. Nantinya sang anjing harus berlari mengejar kucing yang ada di barisan paling depan.
4. Permainan Sangkar Burung
Langkah yang dilakukan dalam permainan :
Siswa harus membuat 3 barisan
Untuk barisan yang pertama dan kedua akan menjadi sangkar, dimana barisan yang pertama dan kedua akan bergandeng tangan yang membentuk sebuah lingkaran yang lebar.
Sedangkan untuk barisan yang ketiga menjadi burung dan nantinya akan berada di dalam sangkar ( berada di tengah sangkar ) .
Ketika Pembina meniup sebuah peluit dan berkata ( sangkar ) , nantinya burung harus berlari dan mencari untuk berpindah ke sangkar yang lain. Bila Pembina berkata ( burung ) nantinya sangkar harus berlari dan mencari untuk berpindah ke burung yang lain.
Bila ketika peluit sudah di tiup dan masih ada sangkat atau burung yang tersisa namun belum juga menemukan pasangannya , mereka harus menunggu di tengah untuk menunggu teman lain salah dan terlambat mendapatkan pasangan.
Bila permainan sudah selesei , namun burung dan sangkar tidak mendapat pasangan akan dikenakan hukuman squat jump sebanyak.
5. Permainan Tupai melawan Ular
Langkah yang harus di lakukan adalah :
Pembina nantinya akan membagi siswa siswa kedalam 2 kelompok A dan B.
Siswa akan diminta untuk berbaris dalam bentuk saf dan saling berpegangan pinggul kepada temannya.
Siswa yang berada di barisan paling depan adalah kepala ular yang melindungi ekor ular ( siswa yang berada barisan paling belakang agar nanti tidak dapat dijangkau oleh tupai.
Masing – masing kelompok nantinya harus menjadi tupai dengan cara tupai yang berada di grup A harus menangkap ular yang di grub B , demikian sebaliknya tu[ai yang berada di grup B harus menangkap ular yang berada di grup A.
Peserta yang akan menjadi se ekor tupai nantinya akan menjangkau ekor ular sebanyak mungkin di dapat . Kepala ular harus menjag ekor ular yang ada di belakang.
Bagi siswa yang kalah akan dikenakan hukuman squat jump 5 kali.
6. Permainan Lari Estafet
Langkah yang harus dilakukan :
Pembina akan menyuruh siswa untuk membagi dalam 2 syaf dan 2 kelompok. Setelah itu mengatur garis pada lapangan .
Untuk orang yang berada di grup A dan B nantinya akan dihadapkan saling membelakangi , setelah itu mereka akan berlari ke pojok ( Grup A menuju arah selatan dan Grub B menuju arah utara ). Setelah sampai berada di tengah garis lapangan , nantinya akan lari ke depan ke arah barat.
Pelari nantinya akan berdiri di garis start menunggu giliran berlari. Langkah ini akan di ikuti pelari selanjutnya sampai pelari yang terakhir.
Pelari pertama sesampai di garis start, Selanjutnya pelari pertama akan saling toss terlebih dahulu kepada orang yang menunggu giliran berlari. Kemudian pelari selanjutnya juga harus berlari dengan cara yang sama seperti pelari selanjutnya.
Pelari yang lebih cepat sampai di garis finish , maka kelompok itulah yang nanti jadi pemenangnya.
Permainan ini harus di lakukan semua anak dan orang yang lebih cepat sampai di garis start , mka itulah pemenangnya. Tapi bila ada salah satu kelompok yang melakukan kecurangan dengan tidak menaati aturan , maka kelompok tersebut akan mendapatkan sebuah hukuman.
Bagi kelompok yang kalah akan di hukun squat jump sebanyak 5 kali.
7. Permainan Lampu Lalu Lintas
Langkah yang harus dilakukan :
Masing – masing siswa nantunya harus mengatur jarak .
Jika pemandu berteriak “merah” maka nanti semua siswa harus berlari dan tidak boleh bergerak satu pun.
Jika pemandu berteriak “hijau” maka nanti semua siswa harus berlari dan berhenti sampai ada aba – apa peluit .
Jika pemandu berteriak dengan berkata lalu lintas “ macet “ maka nanti siswa harus merangkak selambat mungkin dan berlari sekencangnya sampai terdengar bunyi peluit.
Bila ada siswa yang salah dalam melakukan gerakan maka akan mendapatkan hukuman berupa squat jump sebanyak 5 kali.
8. Permainan Satu, Dua, Tiga
Langkah yang di lakukan dalam permainan :
Siswa nantinya akan diminta untuk membuat sebuah lingkaran yang besar.
Siswa harus berputas sambil bernyanyi “ disini senang”
Setelah ada sebuah aba – aba dari seorang pemandu, misalnya dengan menyebut angka “ 3 ” nantinya siswa harus berkumpul untuk membuat kelompok sebanyak 3 orang. Namun jika seorang pemandu menyebut angka “ 3 setengah “ maka siswa harus membuat kelompok dengan anggota yang berjumlah 4 orang, akan tetapi harus ada 1 siswa yang jongkok karena jongkok akan dihitung setengah.
Hal ini dilakukan sampai permainan berakhir, bila ada siswa yang tidak mendapatkan kelompok akan mendapatkan hukuman squat jump sebanyak 5 kali.
9. Permainan dengan Notasi Angka
Langkah yang harus dilakukan :
siswa harus berpisah di dalam lapangan.
Pemandu akan membunyikan sebuah aba – aba dan menyebut sebuah angka “ satu “ berarti nantinya siswa harus berdiri dan tidak di perbolehkan bergerak.
Bila siswa menyebut angka “ dua “ maka siswa harus mampu mengucap “ Do”
Bila siswa menyebut angka “ tiga “ maka siswa harus mampu mengucap “ Re”
Begitu seterusnya . Jika di ketahui ada siswa yang salah mengucapkan notasi maka akan mendapatkan hukuman brupa squat jump sebanyak 5 kali.
10. Permainan Kucing dan Tikus
Langkah Yang Harus dilakukan dalam permainan :
Siswa akan di minat untuk membuat sebuah lingkaran besar dan saling bergandeng tangan
Pemandu akan memilih dua orang untuk menjadi kucing dan 1 orang untuk menjadi tikus.
Tikus nantinya harus berada di dalam lingkaran, sedangkan 2 kucing lainnya akan berada di luar lingkaran.
Ketika ada sebuah aba – aba mulai dari 2 kucing yang mengejar tikus, bila kucing ingin masuk ke dalam lingkaran , nantinya anak – anak akan menghalangi dan menjadi pagar pembatas dalam permainan.
Bila salah satu kucing dapat menjangkau tikus, maka tikus harus berganti posisi menjadi kucing.
Jika sang tikus merasa lelah bisa menepuk punggung temannya secara otomatis temannya akan langsung menjadi tikus.
Permainan Lingkaran Mahkota
Pemandu menyuruh siswa untuk membentuk sebuah lingkaran besar
Kemudian membuat gambar lengkaran yang berada di tengah – tengah siswa. Dimulai dengan menggambar lingkaran besar kemudian ditambah lingkaran kecil di dalamnya.
Lalu anak – anak nantinya harus berbaris dan membentuk sebuah lingkaran yang besar, sambil berjalan dan menyanyikan lagu yang gembira di ikuti dengan tepuk tangan . Ketika guru meniup sebuah peluit semua siswa harus ke dalam lapangan.
Anak – anak yang berada di dalam lingkaran adalah pemenangnya
Permainan terus berlanjut sampai ke lingkaran kecil. Bagi anak – anak yang kalah akan mendapat hukuman squat jump sebanyak 5 kali .
11. Permainan dengan membebaskan tawanan
Membuat garis yang akan membagi ruangan menjadi dua ruangan
Guru nantinya akan menunjuk dua orang anak yang berperan sebagai penjaga dan tiga orang anak berperan menjadi tentara.
Selanjutnya tentara harus berbaris sejajar yang menempati ruangan pertama dekat dengan garis pembatas, sedangkan untuk penjaga yang menempati sebuah ruang pertama akan dekat dengan garis pemisah antara ruang yang pertama dan ruang yang kedua.
Siswa lainnya akan menjadi tawanan yang akan masuk ke dalam ruangan yang kedua.
Kemudian guru akan membunyikan sebuah peluit , maka tentara nantinya akan berusaha masuk untuk membebaskan tawanan dengan membawa tawanan keluar dari ruang yang kedua.
Tentara nantinya dikatakan selamat jika tidak tersentuh oleh sang penjaga dan akan selamat keluar dengan membawa beberapa tawanan agar bisa keluar dari ruang yang kedua.
Bila nantinya tentara tersebut tidak tersentuh penjaga sewaktu masuk dan keluar dari ruangan yang kedua maka tawanan dapat menjadi tawanan tentara. Sehingga nantinya tentara akan kian bertambah. Sebaliknya bila harus masuk ke ruang yang kedua dan kembali lgi ke ruang yang pertama tersentuh nantinya tentara tersebut yang akan menjadi tawanannya.
Guru akan menunjuk siswa agar menjadi tentara sehingga nantinya tentara yang tersisa sekurang – kurangnya hanya lebih dari satu di bandingkan penjaga lainnya.
Permainan dengan Menggunakan Alat
1. Permainan Olahraga Bola Estafet
Langkah yang harus di lakukan dalam permainan :
Siswa harus menyediakan 2 bola
Siswa harus membuat 2 barisan yang di bagi menjadi 2 kelompok
Siswa nantinya akan mengatur jarak untuk masing masing barisan
Setiap kelompok nantinya akan di berikan 1 bola , untuk permainan yang pertama dilakukan dengan mengoper bola melalui samping kanan dan kaki nantinya tidak boleh bergerak sedikitpun saat mengoper bola, Badan akan langsung menghadap ke arah belakang setelah bola sampai tepat di belakang, bola nantinya dioper ke depan dan membalikkan badan setelah mampu mengoper bola.
Permainan terus dilakukan sampai guru meniup peluit. Ketika peluit di tiup , bola yang lebih cepat sampai itulah nantinya yang akan jadi pemenangnya.
2. Permainan Olahraga Pass dan Run
Langkah yang harus di lakukan :
Pembina membagi 2 kelompok . Lama permainan sekitar 10 menit untuk bermain.
Ketika nantinya bola dilempar, siapa yang lebih cepat mengambil bola dapat mengoper bolanya langsung ke temannya sendiri (kelompok ), namun bagi siswa yang memegang bola tidak di perbolehkan untuk melangkah lebih 3 kali ketika akan mengoper bola.
Setelah itu kelompok lawan harus mengejar dan merebutkan bola dari kelompok musuh untuk memegang bola dan memasukkan kembali ke gawang musuhnya.
Salah satu cara untuk memasukkan bola ke gawang lawan , orang yang telah memegang bola harus mampu melopati garis gawang dengan syarat tidak di perbolehkan lebih dari 3 langkah.
Bila waktu yang dilakukan telah habis , Nantinya yang kalah akan mendapat hukuman squat jump 10 kali.
3. Permainan Dengan Mengendalikan Kuda
Langkah yang harus di lakukan :
Pemandu akan meminta siswanya agar mencari pasangan sebanyak 2 orang. 1 orang akan berperan menjadi kuda dan 1 orang akan berperan menjadi pengendali kuda
Nantinya akan di sediakan sebuah selendang , Selendang bisa menggunakan rumput jepang yang digunakan sebagai tali yang digunakan untuk mengikat kuda.
Nantinya sepasang kuda dan oengendali harus mengelilingi lapangan. Hingga Pembina membunyikan sebuah peluit. Apabila peluit dibunyikan namun tidak kujung sampai di garis finish . Pasangan tersebut yang akan kalah. Bagi pasangan yang kalah akan mendapatkan hukuman squat jump sebanyak 5 kali.
4. Permainan dengan Menjala Ikan
Langkah Yang Harus di lakukan :
Pembina nantinya meminta 2 orang agar menjadi jala dan sisanya nanti akan menjadi ikan.
Selain itu juga di perlukan 4 bola tenis
Nantinya semua ikan yang berada di dalam garis lapangan harus berlari menyelamatka diri dari serangan bola tenis
Jala nantinya harus melempar bola dari luar garis lapangan. Cara melemparnya juga dilakukan pada bagian bawah . Mulai dari paha sampai kaki, Tidak boleh melempar kebagian atas tubuh siswa karena dapat membahayakan.
Bila ikan terkena bola pada kakinya , saat itu juga harus keluar dari garis lapangan dan menjadi jala agar mendapatkan mangsa dengan cara melempar bola juga seperti jala yang lain.
Permainan dinyatakan selesei jika semua ikan terkena lemparan bola.
Olahraga merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh jasmani. Selain menyehatkan tubuh olahraga juga bisa melatih kebersamaan, membuat para pemainnya lebih bahagia atau senang dan mampu memupuk kekompakan dalam sebuah team. Ada berbagai jeis olahraga salah satunya adalah permainan olahraga . Khususnya untuk anak sekolah dasar pastinya membutuhkan daya kreatif yang tinggi agar mampu menciptakan sebuah permainan yang menyenangkan. Anak – anak umumnya menyukai permainan yang tidak berat namun bisa melatih kekompakan, kelincahan dan daya kreatif mereka. Berikut kami paparkan berbagai macam jenis permainan olahraga untuk anak SD.
Permainan Tanpa Alat:
Kali ini permainan dilakukan tanpa menggunakan sebuah alat. Salah satu syaratnya hanya dibutuhkan sebuah team agar mampu menciptakan suasana yang menyenangkan.
1. Permainan Ganjil Genap
Langkah yang dilakukan dalam permainan ini :
Menyuruh siswa siswi untuk berbaris kemudian membagi menjadi 2 barisan. Setelah itu menyuruh seluruh barisan yang pertama agar membentuk sebuah lingkaran . Lalu untuk barisan yang kedua membentuk barisan berikutnya mengikuti barisan yang pertama.
Guru nantinya menjelaskan apabila Pembina menyebutkan angka ganjil nanti siswa harus melompat 2 kali kea rah depan. Namun jika angka yang di sebut genap ,maka siswa tidak boleh bergerak ( diam )
Pembina menyuruh barisan pertama untuk berhadapan ke belakang, sedangkan untuk barisan yang kedua harus tetap berhadap – hadapan. Hal ini untuk menghindari terjadinya bentrok antar siswa.
Apabila nanti barisan yang kedua merapat, Pembina akan menyuruh untuk berganti posisi . Barisan yang pertama harus saling berhadapan, sedangkan untuk baris yang kedua harus hadap ke belakang.
Apabila Pembina nantinya telah menyebut angka ganjil dan genap, namun ada siswa yang tida berkonsentrasi maka siswa nanti harus maju ke tengah lingkaran.
Setelah permainan dinyatakan selesei , siswa yng melakukan kesalahan dalam permainan akan dikenai hukuman oleh Pembina.
2. Permainan dalam mencari kelompok
Langkah yang dilakukan dalam permainan :
Pembina akan menyuruh siswa berlari untuk mengelilingi lapangan
Nantinya Pembina akan menyebutkan angka 1-10, apabila Pembina menyebut angka 6 maka siswa harus mencari kelompok sebanyak 6 siswa.
Bagi kelompok yang salah ( kurang / lebih ) kelompok tersebut akan mendapat hukuman dari Pembina.
3. Permainan Kucing dan Anjing
Langkah untuk melakukan permainan ini adalah :
Pembina menyuruh siswa untuk berbaris menjadi 3 barisan . Kemudian baris yang pertama membentuk sebuah lingkaran. Untuk barisan yang ke 2 dan 3 harus mengikuti dan berdiri di belakang barisan yang pertama dan membentuk lingkaran juga.
Nantinya Anjung akan mengejar kucing
Apabila kucing nanti capek untuk berlari , maka siswa yang menjadi kucing akan berhenti apda barisan lain. SAnjing nantinya akan mengejar siswa yang berada di barisan paling belakang dimana kucing tersebut berhenti.
Apabila kucing tersebut berhasil di tangkap maka orang semula jadi kucing harus berganti posisi menjadi anjing dan mengejar mangsa yang selanjutnya.
Kemudian melakukan pergantian posisi, sang kucing tidak lagi berhenti di depan barisan namun harus berhenti di belakang barisan. Nantinya sang anjing harus berlari mengejar kucing yang ada di barisan paling depan.
4. Permainan Sangkar Burung
Langkah yang dilakukan dalam permainan :
Siswa harus membuat 3 barisan
Untuk barisan yang pertama dan kedua akan menjadi sangkar, dimana barisan yang pertama dan kedua akan bergandeng tangan yang membentuk sebuah lingkaran yang lebar.
Sedangkan untuk barisan yang ketiga menjadi burung dan nantinya akan berada di dalam sangkar ( berada di tengah sangkar ) .
Ketika Pembina meniup sebuah peluit dan berkata ( sangkar ) , nantinya burung harus berlari dan mencari untuk berpindah ke sangkar yang lain. Bila Pembina berkata ( burung ) nantinya sangkar harus berlari dan mencari untuk berpindah ke burung yang lain.
Bila ketika peluit sudah di tiup dan masih ada sangkat atau burung yang tersisa namun belum juga menemukan pasangannya , mereka harus menunggu di tengah untuk menunggu teman lain salah dan terlambat mendapatkan pasangan.
Bila permainan sudah selesei , namun burung dan sangkar tidak mendapat pasangan akan dikenakan hukuman squat jump sebanyak.
5. Permainan Tupai melawan Ular
Langkah yang harus di lakukan adalah :
Pembina nantinya akan membagi siswa siswa kedalam 2 kelompok A dan B.
Siswa akan diminta untuk berbaris dalam bentuk saf dan saling berpegangan pinggul kepada temannya.
Siswa yang berada di barisan paling depan adalah kepala ular yang melindungi ekor ular ( siswa yang berada barisan paling belakang agar nanti tidak dapat dijangkau oleh tupai.
Masing – masing kelompok nantinya harus menjadi tupai dengan cara tupai yang berada di grup A harus menangkap ular yang di grub B , demikian sebaliknya tu[ai yang berada di grup B harus menangkap ular yang berada di grup A.
Peserta yang akan menjadi se ekor tupai nantinya akan menjangkau ekor ular sebanyak mungkin di dapat . Kepala ular harus menjag ekor ular yang ada di belakang.
Bagi siswa yang kalah akan dikenakan hukuman squat jump 5 kali.
6. Permainan Lari Estafet
Langkah yang harus dilakukan :
Pembina akan menyuruh siswa untuk membagi dalam 2 syaf dan 2 kelompok. Setelah itu mengatur garis pada lapangan .
Untuk orang yang berada di grup A dan B nantinya akan dihadapkan saling membelakangi , setelah itu mereka akan berlari ke pojok ( Grup A menuju arah selatan dan Grub B menuju arah utara ). Setelah sampai berada di tengah garis lapangan , nantinya akan lari ke depan ke arah barat.
Pelari nantinya akan berdiri di garis start menunggu giliran berlari. Langkah ini akan di ikuti pelari selanjutnya sampai pelari yang terakhir.
Pelari pertama sesampai di garis start, Selanjutnya pelari pertama akan saling toss terlebih dahulu kepada orang yang menunggu giliran berlari. Kemudian pelari selanjutnya juga harus berlari dengan cara yang sama seperti pelari selanjutnya.
Pelari yang lebih cepat sampai di garis finish , maka kelompok itulah yang nanti jadi pemenangnya.
Permainan ini harus di lakukan semua anak dan orang yang lebih cepat sampai di garis start , mka itulah pemenangnya. Tapi bila ada salah satu kelompok yang melakukan kecurangan dengan tidak menaati aturan , maka kelompok tersebut akan mendapatkan sebuah hukuman.
Bagi kelompok yang kalah akan di hukun squat jump sebanyak 5 kali.
7. Permainan Lampu Lalu Lintas
Langkah yang harus dilakukan :
Masing – masing siswa nantunya harus mengatur jarak .
Jika pemandu berteriak “merah” maka nanti semua siswa harus berlari dan tidak boleh bergerak satu pun.
Jika pemandu berteriak “hijau” maka nanti semua siswa harus berlari dan berhenti sampai ada aba – apa peluit .
Jika pemandu berteriak dengan berkata lalu lintas “ macet “ maka nanti siswa harus merangkak selambat mungkin dan berlari sekencangnya sampai terdengar bunyi peluit.
Bila ada siswa yang salah dalam melakukan gerakan maka akan mendapatkan hukuman berupa squat jump sebanyak 5 kali.
8. Permainan Satu, Dua, Tiga
Langkah yang di lakukan dalam permainan :
Siswa nantinya akan diminta untuk membuat sebuah lingkaran yang besar.
Siswa harus berputas sambil bernyanyi “ disini senang”
Setelah ada sebuah aba – aba dari seorang pemandu, misalnya dengan menyebut angka “ 3 ” nantinya siswa harus berkumpul untuk membuat kelompok sebanyak 3 orang. Namun jika seorang pemandu menyebut angka “ 3 setengah “ maka siswa harus membuat kelompok dengan anggota yang berjumlah 4 orang, akan tetapi harus ada 1 siswa yang jongkok karena jongkok akan dihitung setengah.
Hal ini dilakukan sampai permainan berakhir, bila ada siswa yang tidak mendapatkan kelompok akan mendapatkan hukuman squat jump sebanyak 5 kali.
9. Permainan dengan Notasi Angka
Langkah yang harus dilakukan :
siswa harus berpisah di dalam lapangan.
Pemandu akan membunyikan sebuah aba – aba dan menyebut sebuah angka “ satu “ berarti nantinya siswa harus berdiri dan tidak di perbolehkan bergerak.
Bila siswa menyebut angka “ dua “ maka siswa harus mampu mengucap “ Do”
Bila siswa menyebut angka “ tiga “ maka siswa harus mampu mengucap “ Re”
Begitu seterusnya . Jika di ketahui ada siswa yang salah mengucapkan notasi maka akan mendapatkan hukuman brupa squat jump sebanyak 5 kali.
10. Permainan Kucing dan Tikus
Langkah Yang Harus dilakukan dalam permainan :
Siswa akan di minat untuk membuat sebuah lingkaran besar dan saling bergandeng tangan
Pemandu akan memilih dua orang untuk menjadi kucing dan 1 orang untuk menjadi tikus.
Tikus nantinya harus berada di dalam lingkaran, sedangkan 2 kucing lainnya akan berada di luar lingkaran.
Ketika ada sebuah aba – aba mulai dari 2 kucing yang mengejar tikus, bila kucing ingin masuk ke dalam lingkaran , nantinya anak – anak akan menghalangi dan menjadi pagar pembatas dalam permainan.
Bila salah satu kucing dapat menjangkau tikus, maka tikus harus berganti posisi menjadi kucing.
Jika sang tikus merasa lelah bisa menepuk punggung temannya secara otomatis temannya akan langsung menjadi tikus.
Permainan Lingkaran Mahkota
Pemandu menyuruh siswa untuk membentuk sebuah lingkaran besar
Kemudian membuat gambar lengkaran yang berada di tengah – tengah siswa. Dimulai dengan menggambar lingkaran besar kemudian ditambah lingkaran kecil di dalamnya.
Lalu anak – anak nantinya harus berbaris dan membentuk sebuah lingkaran yang besar, sambil berjalan dan menyanyikan lagu yang gembira di ikuti dengan tepuk tangan . Ketika guru meniup sebuah peluit semua siswa harus ke dalam lapangan.
Anak – anak yang berada di dalam lingkaran adalah pemenangnya
Permainan terus berlanjut sampai ke lingkaran kecil. Bagi anak – anak yang kalah akan mendapat hukuman squat jump sebanyak 5 kali .
11. Permainan dengan membebaskan tawanan
Membuat garis yang akan membagi ruangan menjadi dua ruangan
Guru nantinya akan menunjuk dua orang anak yang berperan sebagai penjaga dan tiga orang anak berperan menjadi tentara.
Selanjutnya tentara harus berbaris sejajar yang menempati ruangan pertama dekat dengan garis pembatas, sedangkan untuk penjaga yang menempati sebuah ruang pertama akan dekat dengan garis pemisah antara ruang yang pertama dan ruang yang kedua.
Siswa lainnya akan menjadi tawanan yang akan masuk ke dalam ruangan yang kedua.
Kemudian guru akan membunyikan sebuah peluit , maka tentara nantinya akan berusaha masuk untuk membebaskan tawanan dengan membawa tawanan keluar dari ruang yang kedua.
Tentara nantinya dikatakan selamat jika tidak tersentuh oleh sang penjaga dan akan selamat keluar dengan membawa beberapa tawanan agar bisa keluar dari ruang yang kedua.
Bila nantinya tentara tersebut tidak tersentuh penjaga sewaktu masuk dan keluar dari ruangan yang kedua maka tawanan dapat menjadi tawanan tentara. Sehingga nantinya tentara akan kian bertambah. Sebaliknya bila harus masuk ke ruang yang kedua dan kembali lgi ke ruang yang pertama tersentuh nantinya tentara tersebut yang akan menjadi tawanannya.
Guru akan menunjuk siswa agar menjadi tentara sehingga nantinya tentara yang tersisa sekurang – kurangnya hanya lebih dari satu di bandingkan penjaga lainnya.
Permainan dengan Menggunakan Alat
1. Permainan Olahraga Bola Estafet
Langkah yang harus di lakukan dalam permainan :
Siswa harus menyediakan 2 bola
Siswa harus membuat 2 barisan yang di bagi menjadi 2 kelompok
Siswa nantinya akan mengatur jarak untuk masing masing barisan
Setiap kelompok nantinya akan di berikan 1 bola , untuk permainan yang pertama dilakukan dengan mengoper bola melalui samping kanan dan kaki nantinya tidak boleh bergerak sedikitpun saat mengoper bola, Badan akan langsung menghadap ke arah belakang setelah bola sampai tepat di belakang, bola nantinya dioper ke depan dan membalikkan badan setelah mampu mengoper bola.
Permainan terus dilakukan sampai guru meniup peluit. Ketika peluit di tiup , bola yang lebih cepat sampai itulah nantinya yang akan jadi pemenangnya.
2. Permainan Olahraga Pass dan Run
Langkah yang harus di lakukan :
Pembina membagi 2 kelompok . Lama permainan sekitar 10 menit untuk bermain.
Ketika nantinya bola dilempar, siapa yang lebih cepat mengambil bola dapat mengoper bolanya langsung ke temannya sendiri (kelompok ), namun bagi siswa yang memegang bola tidak di perbolehkan untuk melangkah lebih 3 kali ketika akan mengoper bola.
Setelah itu kelompok lawan harus mengejar dan merebutkan bola dari kelompok musuh untuk memegang bola dan memasukkan kembali ke gawang musuhnya.
Salah satu cara untuk memasukkan bola ke gawang lawan , orang yang telah memegang bola harus mampu melopati garis gawang dengan syarat tidak di perbolehkan lebih dari 3 langkah.
Bila waktu yang dilakukan telah habis , Nantinya yang kalah akan mendapat hukuman squat jump 10 kali.
3. Permainan Dengan Mengendalikan Kuda
Langkah yang harus di lakukan :
Pemandu akan meminta siswanya agar mencari pasangan sebanyak 2 orang. 1 orang akan berperan menjadi kuda dan 1 orang akan berperan menjadi pengendali kuda
Nantinya akan di sediakan sebuah selendang , Selendang bisa menggunakan rumput jepang yang digunakan sebagai tali yang digunakan untuk mengikat kuda.
Nantinya sepasang kuda dan oengendali harus mengelilingi lapangan. Hingga Pembina membunyikan sebuah peluit. Apabila peluit dibunyikan namun tidak kujung sampai di garis finish . Pasangan tersebut yang akan kalah. Bagi pasangan yang kalah akan mendapatkan hukuman squat jump sebanyak 5 kali.
4. Permainan dengan Menjala Ikan
Langkah Yang Harus di lakukan :
Pembina nantinya meminta 2 orang agar menjadi jala dan sisanya nanti akan menjadi ikan.
Selain itu juga di perlukan 4 bola tenis
Nantinya semua ikan yang berada di dalam garis lapangan harus berlari menyelamatka diri dari serangan bola tenis
Jala nantinya harus melempar bola dari luar garis lapangan. Cara melemparnya juga dilakukan pada bagian bawah . Mulai dari paha sampai kaki, Tidak boleh melempar kebagian atas tubuh siswa karena dapat membahayakan.
Bila ikan terkena bola pada kakinya , saat itu juga harus keluar dari garis lapangan dan menjadi jala agar mendapatkan mangsa dengan cara melempar bola juga seperti jala yang lain.
Permainan dinyatakan selesei jika semua ikan terkena lemparan bola.
Post A Comment:
0 comments: